Amir Hamzah

Just learning material sharing …
Subscribe

P T I

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI (S1/D3)

TAHUN AKADEMIK : 2017/2018 (Ganjil)

[1] RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
[2] MATERI-MATERI E-LEARNING

Materi :

  • Kurikulum : Computer Science & Informatic Engineering
  • Sitem Komputer  menyangkut komponen Hardware, Software dan Brainware
  • Sistem bilangan (biner, oktal, desimal, heksa desimal) dan representasi data (integer, non integer dan data karakter)
  • Manajemen data dan konsep dasar dalam basis data
  • Konsep pemrograman (algoritma, flowchart dan koding)
  • Sistem informasi (peranan dalam manajemen, analisis dan desain),
  • Komunikasi Data dan jaringan
  • Internet

Tujuan

memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep penting dalam bidang teknologi informasi yang akan dipelajari dalam bangunan kurikulum program studi teknik informatika. Konsep-konsep tersebut mencakup konsep dasar sistem komputer, sistem bilangan dan representasi data, manajeman data, konsep umum pemrograman komputer, sistem informasi, jaringan komputer dan komunikasi data serta internet

 
Kompetensi

Mahasiswa memiliki gambaran tentang konsep-konsep dan topik-topik penting pada kajian teknologi informasi pada program studi teknik informatika program sarjana dan mampu mengembangkan konsep-konsep tersebut melalui proses perkuliahan lebih lanjut atau pengembangan wawasan secara mandiri menggunakan teknologi informasi yang ada.

Referensi :

  1. Computer Currcicula 2005, The Overview Report, (Project: ACM, AIS, IEEE-CS) (download)
  2. Alistair Edwards, 2006, Get Set for Computer Science, Edinburgh University Press, (download ) atau kunjungi  (http://www.ebookee.com/Get-Set-for-Computer-Science_169302.html )
  3. William Aspray (editor), Computing Before Computer ( online )
  4. Shelly, Gary B, Thomas J. Cashman and Misty E. Vermat (2007). Discovering Computers 2012. A Gateway to Information (Web Enhanced). Thomson Course Technology
  5. Chapter 1 :Introduction To Computer
    Chapter 4: System Units

    Rumus Evaluasi adalah : NA = 10%hadir + 25% UTS + 25% UAS + 20%Praktikum + 20% Tugas

    1. Presensi (kehadiran kuliah) : 10%
    2. Ujian Tengah Semester (UTS) : 25%
    3. Ujian AKhir Semester (UAS) : 25%
    4. Praktikum : 20%
    5. Tugas-1(6%)- tugas-2(6%); Tugas-3 presentasi : 8%

    Norma Penilaian :

    Semua penilaian dalam bentuk angka 0.00 sampai 100.00, kemudian nilai akhir (NA) ditentukan berdasarkan formula nilai akhir dan dikonversikan ke nilai huruf dengan ketentuan sbb :

    Kisaran Nilai Angka (NA) Nilai Huruf (NH) Bobot Predikat
    1.00-39.99 E 0,00 Gagal
    40.00-49.99 D 1,00 Kurang
    50.00-54.99 C 2,00 Cukup
    55.00-59.99 C+ 2,33 Cukup
    60.00-64.99 B- 2,67 Cukup
    65.00-69.99 B 3,00 Baik
    70.00-74.99 B+ 3,33 Baik
    75.00-79.99 A- 3,67 Baik
    80.00 -100.00 A 4,00 Sangat Baik

     

    6. Ketentuan dan Tata Tertib kuliah tatap muka

    1. Kehadiran kuliah minimal 75% untuk dapat mengikuti ujian, utamanya ujian akhir semester (UAS)
    2. Ketahuan ada tanda tangan tetapi tidak ada orangnya, tanda tangan pada hari tersebut dianggap tidak ada
    3. Keterlambatan kehadiran kuliah : maksimal 20 menit (atau sesuai kesepakatan), lebih dari 20 menit tidak diiijinkan masuk kelas (kecuali dapat menjelaskan tentang sesuatu topik masalah di depan kelas, atau menjawab suatu pertanyaan dosen)
    4. Selama kuliah seluruh alat komunikasi, HP dan alat lain dimatikan
    5. Mahasiswa wajib mendownload semua meteri kuliah dan membacanya sesuai skedul
    6. Pertanyaan yang muncul dari proses membaca bahan kuliah dan jawaban yang muncul dari sesama teman yang sudah memahami akan memberi kontribusi pada nilai tugas
    7. Hal-hal lain yang belum dituliskan akan ditetapkan pada tatap muka pertama kali

    DOWNLOAD POWER POINT DAN HAND OUT TIAP PERTEMUAN

    1) Makna Student Centered Learning (SCL) (Bahasa Indonesia)
    2) Student Centered Learning (Comparison Paradigm)
    3) Hand Out – Pertemuan 1  (Pengertian Dasar Teknologi Informasi)
    4) Introduction to Computer
    5) Hand Out – Pertemuan 2 ( SIstem Komputer : Pdf)
    6) System Unit Component
    7) Hand Out Pertemuan 3 dan ke 4 (Sistem Bilangan dan Representasi Data )
    8) HandOut Minggu 5 Konsep Pemrograman ( DOWNLOAD )
    9) handOut Minggu 12 :
    HTML-1 ( DOWNLOAD )
    HTML-2 ( DOWNLOAD )
    JAVA SCRIPT-1 ( DOWNLOAD )
    JAVA SCRIPT-2 ( DOWNLOAD )